Intelligent Agent


Dalam Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent), sebuah Agen Cerdas (Intelligent Agent) adalah sebuah entitas otonom yang mengamati dan bertindak berdasarkan suatu lingkungan (yaitu sebuah agen) dan mengarahkan aktivitasnya ke arah pencapaian tujuan (yakni, rasional). Agen Kecerdasan dapat juga belajar atau menggunakan pengetahuan untuk mencapai tujuan mereka. Mereka mungkin sangat sederhana atau sangat kompleks: sebuah mesin refleks seperti termostat adalah agen yang cerdas, seperti manusia, seperti komunitas manusia bekerja bersama menuju tujuan.

Agen Kecerdasan sering digambarkan secara skematik sebagai sistem fungsional abstrak mirip dengan program komputer. Untuk alasan ini, agen cerdas kadang-kadang disebut abstrak agen cerdas (Abstract Intelligent Agent) untuk membedakan mereka dari dunia nyata implementasi sebagai sistem komputer, sistem biologis, atau organisasi. Beberapa definisi agen cerdas menekankan otonomi mereka, dan jadi lebih suka istilah otonom agen cerdas. Yang lain (terutama Russell & Norvig (2003)) dianggap perilaku terarah tujuan sebagai esensi dari cerdas dan jadi lebih suka istilah yang dipinjam dari ekonomi, "agen rasional".

Agen cerdas dalam kecerdasan buatan sangat terkait dengan agen di bidang ekonomi, dan versi dari agen cerdas paradigma kognitif dipelajari dalam ilmu pengetahuan, etika, filsafat alasan praktis, juga di banyak interdisipliner sosio-kognitif komputer pemodelan dan simulasi sosial.

Agen cerdas juga berkaitan erat dengan agen perangkat lunak (program perangkat lunak otonom yang melakukan tugas atas nama pengguna). Dalam ilmu komputer, istilah agen cerdas dapat digunakan untuk mengacu ke agen perangkat lunak yang memiliki kecerdasan, tidak peduli apakah itu bukan agen rasional oleh Russell dan Norvig definisi. Sebagai contoh, program-program otonom digunakan untuk bantuan operator atau data mining (kadang-kadang disebut sebagai bot) juga disebut "agen cerdas".

Written by

0 komentar: